Saat Sakaratul Maut Menjemput Menurut Islam : Apa Yang Harus Dilakukan

MakamAlazhar.co.id – Saat Sakaratul Maut Menjemput Menurut Islam : Apa Yang Harus Dilakukan – “Sakaratul Maut” dalam Islam merujuk pada saat-saat terakhir seseorang sebelum kematian mereka. Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan saat menghadapi Sakaratul Maut berdasarkan ajaran Islam:

Saat Sakaratul Maut Menjemput Menurut Islam : Apa Yang Harus Dilakukan

1. **Mengucapkan Kalimat Tauhid (syahadat)**: Saat-saat terakhir sangat penting untuk mengucapkan kalimat tauhid, yaitu “La ilaha illallah, Muhammadur rasulullah” (Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah). Ini adalah dasar iman Islam yang mengakui keesaan Allah dan kenabian Nabi Muhammad SAW.

2. **Mengucapkan Doa**: Berdoalah kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh, memohon ampunan, rahmat, dan perlindungan di dunia maupun di akhirat. Doa-doa yang diajarkan dalam Islam, seperti doa Taubat, doa dalam kitab suci Al-Quran, atau doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, sangat disarankan.

3. **Berzikir**: Mengingat Allah SWT dengan berzikir, seperti mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, dan istighfar. Zikir ini membantu menenangkan jiwa dan menguatkan iman di saat-saat genting.

4. **Membaca Al-Quran**: Membaca atau mendengarkan bacaan Al-Quran, terutama surah-surah yang memberikan ketenangan dan kekuatan, seperti Surah Yasin, Surah Al-Mulk, dan lain-lain.

5. **Minta Maaf dan Memaafkan**: Meminta maaf kepada orang-orang yang pernah disakiti atau dilakukan kesalahan kepada mereka, serta memaafkan orang lain yang pernah melakukan kesalahan terhadap diri sendiri.

6. **Berdoa untuk Kematian yang Baik**: Berdoa agar diberikan kematian yang baik, yaitu kematian dalam keadaan beriman, diampuni dosa-dosanya, dan diterima amal ibadahnya.

7. **Menjaga Akhlak**: Menjaga akhlak yang baik sampai detik terakhir, tidak terlibat dalam hal-hal yang tidak baik atau dosa.

8. **Mengingat Kebesaran Allah SWT**: Mengingat sifat-sifat Allah yang Maha Pengampun, Maha Penyayang, Maha Bijaksana, dan sebagainya.

9. **Menjaga Keluarga dan Orang Tua**: Memastikan bahwa keluarga dan orang tua terdekat juga mengetahui keadaan yang sedang dihadapi dan memberikan dukungan moral.

10. **Meminta Husnul Khatimah**: Memohon kepada Allah SWT agar diberikan husnul khatimah, yaitu diakhiri dengan kebaikan dan mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat.

Saat Sakaratul Maut Menjemput Menurut Islam : Apa Yang Harus Dilakukan : sangat penting untuk menjaga hati dan pikiran agar tetap khusyuk dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Perlakuan ini sangat dianjurkan agar seseorang bisa menghadapi kematian dengan tenang dan mendapatkan ketenangan jiwa serta harapan akan ampunan dan rahmat Allah SWT. Sakaratul Maut Islam : Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapinya

Agency Resmi Al Azhar Memorial Garden No. 06392Melayani 24 Jam
Open chat
Tanya Info Makam Al Azhar..?